29 August 2010

Pertujukan Reog Di Mandungan Bayat Klaten

Hari ini tanggal 29 Agustus 2010 ada sebuah Pertujukan Reog Di Mandungan Bayat Klaten dalam rangka memperinganti Kemerdekaan RI yang ke 65. Pertujukan seni budaya reog memang rutin dilakukan di Mandungan kala peringatan hari Kemerdekaan RI. Warga sekitar nampak berbondong-bondong menyaksikan Pagelaran Reog yang diselenggarakan disiang yang panas ini.

Pertunjukan seni reog ini berupa Tarian reog yang diiringi gamelan dan sinden jawa. Bagian yang paling menegangkan adalah ketika para penari reog mulai kesurupan dan melakukan hal-hal yang tidak wajar seperti memakan beling,menguliti kelapa dengan gigi kemudian memakannya. Para penari Reog yang kesurupan itu unjuk kebolehan dengan mengikuti iringan gamelan, konon kalau musik dihetikan merekapun menghengikan tariannya.

Seni budaya reog yang diselenggarakan di Mandungan Wiro Bayat Klaten ini adalah salag satu potret bahwa kencintaan masyarakat Mandungan dalam memelihara salah satu Budaya Indonesia yaitu Reog.

Demikianlah hasil pantauanku terhadap Desa tetangga, Dan ini adalah bukti nyata bahwa disekililingku masih ada budaya yang terpelihara.

Simak juga tempat wisata daerah Bayat, Klaten:



Salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Pertujukan Reog Di Mandungan Bayat Klaten
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!