13 December 2017

Adsense VS Jualan Online, Sama-sama Cari Duit Di Internet Tapi Enakan Mana?

Bagi orang awam yang terpesona dengan acara seminar tentang menggiurkannya cari duit di internet atau semacamnya pasti mikir duh enak ya cuma dirumah doang bisa dapat duit! Dan itu adalah hal yang dulu pernah aku rasakan juga. Awalnya dulu aku belajar ngeblog karena suka aja dengan blog yang bisa digunakan untuk mengekpresikan diri (dibaca melebaykan diri kala itu). Hingga suatu ketika aku lihat di tv ada promo kursus blog yang bisa menghasilkan uang dari iklan (adsense).



Sangking tergiurnya aku sampai mencari tempat kursus itu tapi endingnya gak jadi sih, karena sampai di TKP infonya cinderung gak jelas dan mengecewakan. Singkat cerita aku tetep ngeblog meski gado-gado, terus coba daftar adsense tapi ditolak mulu, saat itu semacam putus asa dengan adsense tapi masih penasaran juga sih. Hingga akhirnya aku milih jualan online, aku bikin sebuah toko online yang mulai dikenal oleh para sista dari berbagai penjuru kota.

Masa-masa Jualan Online

Awal jualan online itu sempat diomelin pembeli dan dibilang penipu gara-gara resi yang aku kasih dicek gak valid. Padahal yang terjadi sebenarnya resi itu benar cuma belum diinput ke web jasa pengiriman barangnya. Yah pokoknya banyak pengalaman lucu tapi nyebelin dan kadang juga bikin emosi gitu deh.

Yang aku suka dari jualan online adalah aku senang karena selaku lulusan prodi marketing akhirnya aku bisa jualan yang padahal aku aslinya pendiam gak jago merayu, baperan dan gak tegaan. Yah intinya kalo suruh praktek jualan offline yang harus ramah, marayu-rayu, melambai-lambai dan semacamnya gitu dijamin aku mati gaya. Tapi kalo jualan online kan enak, mainnya kata-kata dalam bentuk tulisan doang.

Tapi lama-lama ada hal yang gak aku suka dari jualan online, apa itu? ya itu tadi pada dasarnya aku baperan jadi ketika ada order itu rasanya was-was apalagi kalo barang belum sampek, semacam ada beban gitu. Dan nyatanya kan gak sedikit pembeli yang tipenya ngejar-ngejar, baru bayar udah tanya resi, baru sehari udah tanya kok belum sampek, apalagi kalo udah 3 hari belum sampek pasti diuber-uber gitu deh. Padahal kalo barang dalam proses pengiriman itu tergantung jasa pengirimannya, diluar kendali kita selaku penjual gitu kan.

Jualan online ada sisi nikmatnya tapi ya itu tadi ada kalanya pikiran serasa gak tenang! (ini sih faktor pribadi, faktor baperan itu tadi). Akhirnya kala itu aku kembali tergoda adsense, daftar akun adsense pakai blog ini ditolak! Lalu aku iseng pakai domain toko online-ku itu, lah kok ternyata diterima! Otomatis aku girang bukan main dan makin tergoda untuk main adsense dengan pertimbangan jualan online itu bikin pikiran tak tenang dan kebetulan saat itu puyeng karena hal lain-lain.  Dan jreng-jreng....akhirnya kala itu aku putusin untuk cobain adsense.

Masa-masa Main Adsense

Dulu itu aku diterima google adsense akhir tahun 2014, jadi anggap aja aku mulai main adsense tahun 2015. Apakah main adsense itu enak? menurut apa yang aku rasakan sih awalnya enak-enak aja karena untuk orang newbie macam aku yang gak mudeng SEO dan gak mudeng 'tetek bengek' terkait adsense tapi tetep bisa gajian dari google. Karena aku gak begitu paham SEO maka aku pilih ternak blog dengan tema hal-hal yang sedang jadi trending.

Nah akhir tahun 2015 lebih tepatnya masa-masa jelang dan sesudah harbolnas itu bisa dibilang sebagai masa kejayaan. Kenapa? karena kala itu sedang hot-hotnya para toko online besar rame-rame bakar duit diiklan! Yah puncaknya sih itu, selebihnya ya kembali normal. Hingga akhirnya pertengahan 2017 aku rasa udah dibawah normal, nilai per klik-nya hampir tak bernilai alias murahan banget untuk blog bahasa Indonesia, udah gitu lama-lama kok banyak iklan vulgar seperti (*maaf) iklan si ngaceng dan sekitarnya.

Iklan si ngaceng ini sudah pernah aku posting dipostingan khusus (Iklan Si Ngaceng Yang Bikin Risih), intinya aku gak suka banget sama iklan yang seperti itu dan meski sudah diblokir tapi tiap hari pasti muncul.

Berlahan Ingin Move On Dari Adsense

Tiba saatnya mikir gimana nih enaknya? dan akhirnya jreng-jreng.... aku putuskan untuk gak fokusin si adsense lagi. Alasannya karena pertama nilai klik makin tak ternilai alias murahan banget, yang kedua ya itu tadi iklan si ngaceng yang muncul semena-mena walau sudah diblokir terutama blog yang masih gratisan di blogspot.

Gak lagi fokusin adsense ini bukan berarti lepas total gitu ya, ini tuh maksudnya gak lagi update blog yang sebelumnya ditujukan untuk adsense. Dan bukan berarti berhenti ngeblog karena untuk blog personal seperti blog ini yang meski gado-gado tapi tetep akan dipakai buat curhat ini itu. Satu lagi blog personalku yang khusus bahas tentang kepribadian introvert.

Jadi anggap aja aku ngerjain adsense itu dari 2015 - 2017. Soal penghasilan adsense berapa gak usah dijembrengin ya, karena terlalu biasa aja untuk dipamerin, yang pasti gak segede mastah adsense diluaran sana. Desember 2017 adalah gaji akhir dari google adsense, bulan-bulan berikutnya dipastikan gak gajian rutin lagi dari google karena memang hasilnya zonk. Terus kalau gitu mau ngapian dong? entahlah, entar beli kambing aja, ternak 'embek' terus dijual pas kurbanan. *gak dhing....hahaha

Intinya aku mau kembali belajar jualan online, kalo sebelumnya jualan online ngeladeni pembeli langsung dengan aneka rasa yang lucu tapi kadang bikin emosi tingkat ubun-ubun namun kini jualannya biar orang lain yang ngadmini order dll. Jadi resolusinya adalah 2018 mau kembali fokus jualan online salah satu diantaranya buka Grosir Payung Murah, yah pokoknya ingin berlahan move on adsense (dibaca gak sanggup lagi ngejar adsense, capek.....).

Berdasarkan pengalaman yang sedikit ini kesimpulannya Adsense VS Jualan Online, Sama-sama Cari Duit Diinternet Tapi Enakan Mana? Dua-duanya sama-sama ada enak dan gak enaknya sih. Adsense itu pokoknya gak seenak dan gak segampang yang aku bayangkan waktu jaman awal-awal newbie, tapi ya tetep harus disyukuri karena walau hanya modal 'ngawur' tapi tetep merasakan gajian.

Tapi sebenarnya dari lubuk hati yang terdalam antara adsense dan jualan online menurutku, ini menurutku loh ya! Lebih baik fokus jualan online karena masa depan lebih bisa diarahkan, jualan online itu serasa lebih nyata. Kalau adsense itu bagaikan mengarungi dunia yang tak pasti!

Tapi mau pilih mana ya terserah dhing, semua kembali ke selera masing-masing. Kalau mau nyobain adsense ya silakan, mau jualan online ya silakan! Kalau orang plin-plan macam aku sih cinderung ingin coba gini gitu, walau akhirnya kembali ingin gini lagi.

Apapun pilihannya yang penting tetep harus usaha ini itu, biar gak nganggur meski kenyataanya kerja srabutan didunia online macam aku ini statusnya dari dulu sudah dicap pengangguran! Seperti yang sudah pernah aku ceritakan di postingan Kerja Dimana? Dirumah Aja? Tamat!


salam hormat,
dr pojokan

Related Posts

Adsense VS Jualan Online, Sama-sama Cari Duit Di Internet Tapi Enakan Mana?
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"