21 February 2019

Kiat Sederhana Menolak Flu Dan Batuk (Agak-agak Ala Agnes MO)

Langganan kena flu dan batuk? Sama dong, aku juga gitu tapi itu dulu. Sekarang? Sudah gak begitu karena ketika flu serasa mau datang langsung buru-buru ditolak. Caranya gimana? Gampang kok. Tenang aja ini bukan review produk, postingan ini sekedar pengalaman pribadi saja (jika ada produk-produk tutzzz... itu hanya kebetulan pakainya itu gitu, jadi bukan promo loh ya).



Tapi sebelumnya aku cerita basa-basi dulu ya. Dulu itu aku gampang banget kena flu atau pilek, dimana kalo udah flu pasti ujung-ujungnya batuk. Dan kalo udah batuk gitu bisa sampek kurus, karena yang namanya batuk itu sungguh butuh tenaga sampek perut berasa nyeri seperti saat dah lama gak olahraga terus tiba-tiba olahraga.

Aku rasa ada hal sederhana yang bisa bikin tubuh gampang kena atau ketularan flu dan batuk. Apa itu? Yakni hobi makan gorengan dan makan/minum manis (banyak gula). Dulu kalo kalo pagi/sore biasa jajan gorengan 5rb, belum lagi jajan es kopi (instan) atau es kental manis (dulu sih disebut susu tapi sekarang gak boleh karena itu bukan produk susu).

Dan ada makanan yang tiap kali habis makan bisa dipastikan tenggorokan panas, hidung meler, terus batuk. Apa itu? Yaitu ayam goreng tepung yang ala-ala kfc itu loh. Kadang kan itu banyak minyaknya, lah minyaknya itu bikin panas tenggorokan. Yah gitu deh, namanya anak kos jajannya suka asal kenyang gitu.

Setelah gak kos dah gak pernah jajan gorengan atau es-esan dan sebangsanya. Sekarang kalo jajan paling pas sepedaan mampir nyoto, bakso, miayam atau apa gitu diwarung-warung pinggir jalan. Tapi sudah jarang banget kok jajan diluar.

Semenjak gak kebanyakan jajan gorengan atau yang manis-manis (gula) akhirnya gak gampang kena flu atau batuk. Kalo misal tenggorokan serasa panas-panas gimana gitu segera minum madu dan rajin makan (makan teratur). Jadi kiat sederhana menolak flu dan batuk versi ketak-ketik hanya ada 2 langkah mudah.

Hindari Minyak (Gorengan) dan Makanan/Minuman Manis Yang Banyak Mengandung Gula


Menghindari gorengan atau yang manis-manis itu gampang-gampang susah. Karena kebiasaan orang sukanya ngeteh manis ngemilnya gorengan. Belum lagi ngemil kue ini itu yang manis dan enaknya kebangetan.

Aku sendiri gak yang anti gorengan atau anti yang manis-manis. Sesekali tetep menikmati hanya saja gak sebrutal dulu kala. Aku minum teh manis paling pas jajan di warung atau pas main disuguhi teh kan gak mungkin nolak. Sirup warna-warni gitu aku juga akhirnya gak suka. Es juga jarang. Mengurangi gula-gulaan itu efeknya berasa banget bagi daya tahan tubuh.

Minum Madu


Konon madu bagus untuk menjaga kesehatan. Aku sebenarnya gak suka madu karena rasanya manis gak jelas gitu. Tapi harus diakui bahwa madu itu kasiatnya memang ajaib. Nah untuk menolak flu atau batuk aku biasanya memang minum madu. Apakah minum madunya tiap hari? Enggak kok, minumnya hanya saat tenggorokan terasa gak enak.

Biasanya aku stok madu tutzzz (anggap aja mereknya disensor, yang pasti madunya diiklanin Agnes Mo). Madu yang itu kan ada beberapa pilihan, nah yang tadinya merasa salah pilih rasa tapi akhirnya aku biasa nyetok yang untuk panas dalam. Pernah aku posting di IG dulu.



Sampai sekarang masih nyetok madu itu, biasa beli yang kecil aja karena gak diminum setiap hari gitu kan, jadi biar gak kebanyakan juga.

Musim flu Februari 2019 sudah minum madu masih agak bersin-bersin terus hidung agak-agak mampet. Lalu pakai aroma-aroma pelega hidung tersumbat, kebetulan pakai produk fresh tutzzzz (sensor lagi, yang pasti diiklanin juga ma Agnes Mo). Meski sempat sedikit mampet tapi akhirnya plong lagi dan gak jadi flu.

Dan kalo misal tubuh rasanya dah capek pegel, dingin dari dalam, biasanya minum produk tutz…. (Sensor lagi, yang pasti orang pintar minum tuttt…., pernah diiklanin ma Agnes Mo juga tuh). Tapi minum-minum kayak gituan tuh jarang, hanya kalo kepepet alias terpaksa aja. Karena sepinter-pinternya orang gak ada yang hobi minum obat meski ada embel-embelnya herbal.

Dulu memang biasanya cuek atau pasrah gitu kalau terserang flu hingga batuk, karena berfikir ini penyakit biasa yang entar juga bisa sembuh sendiri gitu kan. Tapi sejak 2016 sudah gak mau pasrah lagi, sebisa mungkin kalau musim flu jangan sampai ketularan. Sejak saat itu ngurangin gula-gulaan dan sampai saat tulisan ini diketik aku bisa terhindar dari flu dan batuk.

Ya gitu doang sih kiat sederhana menolak flu dan batuk. Aku udah lama gak sampek hidung meler kemana-mana atau batuk sampek perut kram. Meski gak gampang flu dan batuk tapi bukan berarti gak ada masalah, karena sesuatu hal kadang ada saatnya aku berkunang-kunang. Tapi seenggaknya aku senang karena sudah lupa rasanya batuk yang kalo dilepasin berisik tapi kalo ditahan tenggorokan gatelnya kayak embuh.

salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Kiat Sederhana Menolak Flu Dan Batuk (Agak-agak Ala Agnes MO)
4/ 5
Oleh

4 komentar:

  1. Semoga ga batuk2 lagi y mba.. saya barubsadar agnes mo ngiklanya 1 paket lengkap dari batuk,flu sampai masuk angin hehe

    ReplyDelete
  2. aku termsuk yg jrang sakit, tapi sekalinya kena flu, waduuuh bisa lamaaaa banget :(. makanya sebisa mungkin slalu jg stamina dan imun tubuh dgn suplemen kyk vitamin C,habatussaudah, minyak zaitun. ampuh sih utk ningkatin imun tubuh. di kantor lg banyaaak bgt yg skit, alhamdulillah aku belum tertular :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren tuh mb kalo jarang sakit. Minyak zaiutun aku belum bernah nyoba, gimana rasanya tuh.

      Delete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!