20 April 2019

Kesal Nomor NIK Dipakai Orang Lain Untuk Registrasi Kartu Sim Card, Lalu Solusinya?

Lama gak ketak-ketik di blog ini, berhubung lagi kesal jadi tiba-tiba pengin nangis eh nulis. Jadi ceritanya mau registrasi nomor sim card baru, udah ketik nik dan kk tapi badalah jawabannya:

Maaf, NIK Anda sudah digunakan untuk registrasi 3 nomor. Untuk registrasi nomor selanjutnya kunjungi Gerai Indosat Ooredoo.

Padahal sebelumnya aku baru daftar 2 nomor dan nomor itu masih aktif semua. Aku penasaran lalu ketik info#nik kirim ke 4444. Jawabannya terpampang nyata, yang 2 nomor memang nomorku dan yang satu aku gak tau nomor siapa.

Aku coba telpon ke 185 (padahal aku tau sih pasti jawabannya suruh ke gerai). Telponku dijawab mbak CS dan iya aku disuruh ke gerai. Lalu aku tanya kalau nanti ke gerai entar nomor yang bukan nomorku itu bisa diunreg? Jawabnya kalau tau nomor lengkapnya bisa. Aku bilang lah itu bukan nomorku ya aku gak tau nomor lengkapnya.



Aku sempat mengeluh apa gunanya registrasi kartu kalau caranya bisa pakai nik orang lain gini. Dan mbak CS bilang “soal itu telpon saja ke mentri informatika”.

Aku masih aja ngeluh yang intinya masak pihak operator gak bisa ngasih solusi. Dan mbak CS bilang yang intinya itu kebijakan kominfo dan aku lagi-lagi disuruh telpon kominfo. (*pengen bilang situ gak ngasih pulsa nyuruh-nyuruh telpon... hehe gak dhing...).

Dulu sih aku biasa aja ketika baca keluhan orang yang nomor niknya dipakai orang lain. Dan setelah aku mengalami sendiri ternyata ngeselin.
Aku masih bingung apa gunanya registrasi? Toh daftar pakai nik orang tanpa ijin juga bisa ya kan? Kalau misal tanpa sepengetahuan kita nomor nik dipakai orang lain untuk penipuan atau kejahatan gitu apakah kita yang terlacak sebagai penjahat?

Dan lihat aja tuh setelah ada kebijakan registrasi kartu pakai nik apakah sms spam seperti udian berhadiah atau semacamnya juga lenyap? Enggak kan? Sms-sms bodong itu masih banyak.

Embuhlah, buat teman-teman coba dicek nik-nya masih aman atau apakah dipakai orang lain tanpa izin? Kalo indosat cara ngeceknya ketik info#nik kirim ke 4444. Kalau operator lain aku kurang tau karena nomorku indosat semua.

Kalau nik masih aman ya syukurlah, jaga terus privasi nik itu. Kalau ternyata setelah dicek ada nomor yang gak dikenal ya uda, yuk mari kesal berjamaah.

Dengan pengalaman ini maka solusinya ketika nik dipakai oranglain adalah datang ke gerai atau manut mbak CS telpon kominfo (paling entar kominfo bingung "siapa elu telpon2 gue atau "apa urusan anda menanyakan hal itu). "-tamat....."


salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Kesal Nomor NIK Dipakai Orang Lain Untuk Registrasi Kartu Sim Card, Lalu Solusinya?
4/ 5
Oleh

2 komentar:

  1. NIK saya udah full buat nyobain no ini no it7 gegara gak tau mau internetan pakai apa. Entah ini no axis saya dulu bisa pakai NIK anak apa pakai NIK suami hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar gak kebanyakan nomor yang terdaftar kalo nomor udah gak dipakai bisa diunreg sih mb, kalo indosat unpair#nomortelpon kirim ke 4444, kalo nomor lain kurang tau caranya.

      Delete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!