10 September 2019

Langkah Atau Cara Perpanjangan SIM di Klaten Makin Mudah dan Cepat, Hari Sabtu Tetep Buka!

Ketak-ketik kali ini cuma mau posting pengalaman perpanjangan SIM C di Klaten (karena aku orang Klaten). Sebenarnya SIM-nya jarang kepakai tapi kalau gak diperpanjang ya sayang ye kan? Tahun 2019 ini adalah perpanjangan SIM ke dua kalinya, dulu bikin tahun 2009. Langkah atau cara perpanjangan SIM 2019 di Klaten hampir sama seperti dulu waktu perpanjangan pertama tahun 2014.  Cara atau langkah-langkahnya kurang lebih sebagai berikut:

1. Datang Ke Polres Klaten Di Hari Kerja


Ingat ya, datanglah pada waktunya, waktu jam kerja maksudnya. Jangan coba-coba datang hari minggu atau hari libur. Kemarin itu sempat bertanya-tanya apakah layanan bikin SIM di Klaten hari sabtu buka? Aku cari di google tapi gak ketemu jawabannya, lalu mak cringgg.. ingat ada teman SMP yang pasti tau tentang itu, langsung WA dan dia bilang layanan SIM hari Sabtu buka tapi setengah hari doang jadi aku diminta datang lebih awal.

Dan akhirnya hari Sabtu tanggal 31 Agustus 2019 aku berangkat sekitar jam 9 sampai Polres Klaten, agak bingung sih karena dulu waktu pertama perpanjangan tahun 2014 tempat fotokopi dan KIR ada didepan seberang jalan tapi kok tempatnya terpantau TUTUP!

2. Fotokopi SIM dan KTP


Karena tempat diseberang jalan tutup lalu tanya pak parkir dimana tempat fotokopinya? Oh ternyata tempat fotokopinya sekarang ada didalam dekat parkiran. Sampai ditempat fotokopi bilang aja mau perpanjangan SIM maka niscaya bapaknya udah paham tinggal ngasih SIM dan KTP, bayar 2rb dah sekalian mapnya. Setelah itu bapaknya ngasih petunjuk agar segera ke tempat KIR dokter yang berada disamping tempat fotokopi.

3. Periksa KIR Dokter


Map biru yang sudah ada fotokopi SIM dan KTP dibawa ke ruang periksa KIR dokter, disini bayar 30rb. Periksanya disuruh ngapain? Gak ngapa-ngapain kok, Cuma ditanya golongan darah, tinggi badan, sama berat badan. Terus tes mata disuruh baca angka-angka tiga biji doang habis itu kelar deh. Terus tinggal menuju langkah berikutnya.

4. Ambil Dan Isi Formulir Perpanjangan


Nah, setelah dari KIR dokter langsung aja ambil formulir dan diisi sesuai identitas atau KTP. Disana udah disediakan tempat buat ngisi formulir, biar cepet mending bawa bolpoint sendiri dari rumah dari pada ngantri. Setelah diisi tinggal menuju langkah berikutnya.

5. Bayar Biaya Perpanjangan SIM


Disamping tempat ngisi formulir ada loket pembayaran. Biaya perpanjangan untuk SIM C 75rb, SIM A 100rb, tinggal dilihat aja semua daftar biaya sudah terpampang nyata jadi tinggal sesuaikan dengan kebutuhan. Karena aku SIM C jadi ya udah bayarnya 75rb. Setelah bayar dikasih kuitansi, masukin ke map lalu masuk ke loket 1 atau loket 2. Saat nyerahin berkas itu SIM diminta oleh petugas lalu dikasih nomor antrian.

6. Nunggu Antrian Foto Dan SIM Baru


Setelah dapat nomor antrian silakan duduk sambil nunggu dipanggil, kalau haus disana disediakan minuman gratis tinggal ambil. Setelah dipanggil lalu foto kemudian keluar lagi diruang tunggu. Jika SIM baru sudah jadi maka nama akan dipanggil.

Udah sih kurang lebih langkah perpanjangan SIM di Polres Klaten seperti itu doang, prosesnya kurang lebih hanya 1 jam saja.

Tapi untuk perpanjangan SIM 2019 ini agak istimewa karena SIM yang didapat benar-benar panjang alias berupa sehelai kertas yang harus dilipat-lipat dan bertuliskan SIM sementara (karena bahan baku bikin kartu SIM-nya habis). Nah, Itu aku mengajukan perpanjangan SIM 31 Agustus 2019 ye kan? Tapi SIM yang baru keluar masih tahun depan! Dikertas itu sudah ada tulisan yang intinya disuruh ambil SIM aslinya entar Januari 2020. Penampakan SIM yang benar-benar panjang setelah diperpanjang adalah sebagai berikut:



Oke deh, itu aja ketak-ketik terkait pengalaman perpanjangan SIM di Polres Klaten. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di blog ini.



Salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Langkah Atau Cara Perpanjangan SIM di Klaten Makin Mudah dan Cepat, Hari Sabtu Tetep Buka!
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!