9/22/2022

Lihat Awan Atau Dinding Menyerupai Wajah? Namanya Pareidolia, Bahaya kah?

Dari dulu sampai sekarang biasa melihat penampakan wajah atau hewan ketika melihat dinding, awan, kayu atau lainnya. Apakah teman-teman juga sering lihat awan atau dinding menyerupai wajah? Itu namanya Pareidolia.

Ya aku kira yang kayak gitu aku doang.  Aku kadang mikir apakah karena aku introvert jadi ketika diam cinderung halu hingga melihat penampakan bentuk wajah atau hewan apa gitu saat liat awan atau tembok.


Ternyata yang demikian itu banyak yang ngalamin, dan gak harus introvert. Semua orang entah ekstrovert atau introvert bisa mengalami pareidolia tergantung insting masing-masing.

Pernah aku posting beberapa video awan ditiktok. Nah salah satu diantaranya itu dilihat banyak orang. Seperti ini videonya:
@widhadong Introvert dan imajinasinya... #langit #awan #langitbiru #imajinasi #sky #skyblue #introverts #imaginaconbts ♬ original sound - rhianne

Aku kasih tulisan 'Introvert mainkan imajinasimu' itu karena aku sendiri introvert dan biasanya orang introvert yang suka bayang-bayangin kayak gitu. Dari komentar yang ada, bisa dilihat bahwa banyak yang bisa melihat penampakan wajah atau hewan dari bentukan awan itu. Dan banyak juga yang baru tau bahwa itu namanya pareidolia. Mereka juga berfikir hanya dirinya yang mengalami tapi rupanya banyak temennya.

Apakah Pareidolia berbahaya? Yah kalau masih dalam batas wajar itu gak papa, ini adalah hal yang normal. Tapi kalau sampai berlebihan dan mengganggu aktivitas baiknya kosultasi kedokter saja.

Betuk awan yang menyerupai aki-aki atau nini:



Salam ketak-ketik, 
dr pojokan


Related Posts

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong