2/14/2010

Fungsi-Fungsi Pemasaran atau Marketing

Selamat datang diblog-ku yang simple ini. Setelah membahas Pengertian Pemasaran atau Marketing, Tujuan Pemasaran atau Marketing dan Bauran Pemasaran atau Marketing Mix, kini lanjut lagi ke pembahasan mengenai Fungsi-Fungsi Pemasaran atau Marketing. Intinya Pemasaran atau Marketing memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah:



1. Fungsi Pertukaran
Yang dimaksud dengan pertukaran ialah terjadinya peristiwa jual beli produk entah itu barang maupun jasa. Menjual berarti menciptakan permintaan terhadap produk (barang/jasa). Membeli berarti mendapatkan produk (barang/jasa) yang dibutuhkan sehingga mampu melaksanakan fungsi menjual.

Adakalanya suatu keberhasilan pemasaran atau marketing diukur dari realisasi fungsi pertukaran. Bagi pihak pemasar, terjadinya peristiwa terjualnya apa yang mereka jual adalah dambaan yang teramat mereka dambakan, semakin banyak yang terjual maka semakin berhasilah ia sebagai pemasar alias sales.

2, Fungsi Pengadaan
Pengadaan yang dimaksud ialah pengadaan barang. Sudah barang tentu suatu barang tak akan ada tanpa pengadaan. Pengadaan bisa mencakup pengangkutan, penyimpanan, pendistribusian.

Gambaran singkat nan kurang kreatifnya adalah sebagai berikut:

“Anda adalah seorang pengusaha ukir-ukiran di Jakarta, untuk menambah koleksi, andapun mendatangkan produk ukiran dari Jepara-Jateng. Untuk mendatangkan produk ukiran itu sudah berang tentu anda melakukan pengangkutan, tak mungkin kan Jepara Jakarta sekedar dilemparkan saja? Setelah diangkut jelaslah masuk kegudang penyimpanan anda, tak mungkin dibiarkan begitu saja setelah diangkut. Dan tak mungkin pula hanya disimpan dalam gudang, pastinya produk ukiran itu anda distribusikan untuk di pasarkan alias dijual”.

3. Fungsi Penunjang 
Fungsi Pununjang yang dimaksudkan adalah penyediaan fasilitas-fasilitas pendukung yang diberikan. Fasilitas-fasilitas itu bisa berupa fasilitas fisik maupun non fisik seperti penerapan standarisasai, penanggungan resiko, penyediaan informasi, dll, termasuk layanan yang diberikan kepada konsumen seperti garasi, perbaikan, instalasi dll.

Demikianlah ulasan singkat mengenai fungsi marketing atau pemasaran, jika merasa ada sesuatu yang mengganjal terkait dengan ulasan diatas maka aku persilahkan untuk mengonsultasikannya dengan guru besar anda karena ulasan diatas sekedar rangkuman yang sedikit aku kembangkan dari buku pegangan kala sekuliah di Polines jaman dulu kala. Teori lebih lanjut bisa menghubungi perpustakaan terdekat untuk pengetahuan yang lebih mendalam.

Salam hormat,
IG @widhawatitok


Related Posts

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong