Benarkah Biaya Promosi itu sebenarnya Mahal?

"Saya belum pernah coba pasang iklan, kalau pasang iklan takut biayannya mahal dan alahamdulillah masih banyak orang yang datang kesini meskipun Cuma sekedar liat-liat tok”, demikian kata Seorang pemilik usaha kos di Jogjakarta. Kebanyakan pemilik usaha kecil-menengah memang enggan melakukan promosi karena takut memakan biaya. Kegiatan promosi memang memerlukan biaya namun tidak semuanya mahal, ada banyak pilihan dalam berpromosi dan biayanyapun terjangkau oleh usaha kecil-menengah. Sebagai pemilik usaha kecil-menengah tidak perlu takut untuk melakukan promosi barang/jasa kepada masyarakat luas. Tapi jangan pula terlalu membesar-besarkan promosi hingga menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Sebagain besar orang yang melakukan promosi pasti memiliki tujuan akhir yang sama yaitu mendapatkan keuntungan yang lebih, bila tidak berhati-hati dan terlalu boros bisa jadi malah merugi. Jadi Biaya Promosi itu tidak Mahal apa Murah????Benarkah Biaya Promosi itu sebenarnya MAHAL? Mahal enggaknya tergantung modal, kalo modal mefet dah pasti menganggapnya mahal, tapi lain halnya jika modal berlebihan pastinya menganggapnya biasa ajah. Mahal atau Murah yang jelas Promosi itu Perlu.


Agar tidak memakan biaya yang mahal dalam berpromosi, maka sebelum melakukan kegiatan promosi perlu dipersiapkan dan direncanakan dengan sebaik-baiknya agar tepat sasaran dan tujuan bisa tercapai. Cari dan pilih promosi dengan biaya yang kecil namun efeknya besar. Contoh promosi sederhana dan tak memakan biaya adalah dari mulut ke mulut, misalnya memberi tahukan usaha bisnis anda kepada tetangga, kenalan baru, teman lama dan lain sebagainya. Contoh lain adalah dengan cara memang spanduk di tempat-tempat yang ramai seperti pasar dan tempat-tempat umum lainya. Bisa juga mengiklankan lewat radio atau mungkin Koran dan lain sebagainya.

Biasanya semakin luas jangkauan sasaran promosinya akan semakin besar pula biaya. Untuk itu sebelum melakukan promosi baiknya rencanakan dengan sebaik mungkin dan tentukan dulu sasaran pasarnya, agar lebih mudah dalam memperkirakan biaya yang dibutuhkan. Dengan adanya perencanaan yang baik setidaknya bisa terhindar dari biaya promosi yang mahal dan bisa berpromosi sesuai anggaran yang ada. Bagi para pemilik usaha yang ingin melakukan promosi memang sebaiknya hati-hati agar tidak terjadi pembengkaan biaya. Diluaran sana banyak usaha bisnis yang maju karena melakukan promosi dengan baik, namun ada pula perusahaan yang merugi karena tidak bisa mengelola kegiatan promosi dengan baik sehingga memakan banyak biaya. Sebagai langkah untuk maju dan berkembang tak ada salahnya untuk mencoba memperkenalkan usaha bisnis melalui promosi. Dalam melakukan promosi agar dapat efektif perlu adanya bauran promosi, yaitu kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan promosi yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan.

Cukup sekian dan untuk ilmu yang lebih mendalam kunjungi perpustakaan terdekat.
ciak...desing....jrootzzzz....

salam hormat dariku,

wong_anTeng

Benarkah Biaya Promosi itu sebenarnya Mahal? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Widha

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"