INFORMASI DARI MULUT KE MULUT (WORD OF MOUTH)

Ngopi berita terus campek deh, sekarang saatnya kembali ke rona Dunia marketing dalam BERITA'KU. Sebelumnya udah bahas PERIKLANAN (ADVERTISING), PENJUALAN PERSEORANGAN (PERSONAL SELLING), PROMOSI PENJUALAN (SALES PROMOTION), HUBUNGAN MASYARAKAT (PUBLIC RELATION), Sekarang memasuki wilayah Bentuk-bentuk promosi yang ke 5 yaitu INFORMASI DARI MULUT KE MULUT (WORD OF MOUTH). Informasi dari mulut kemulut adalah bentuk promosi dengan cara menyebarkan informasi mengenai barang/jasa melalui obrolan dari seseorang keorang lain. Dalam hal ini peranan orang sangat penting dalam mempromosikan barang/jasa. Pelanggan sangat dekat dengan penyampaian jasa. Dengan kata lain, pelanggan tersebut akan berbicara dengan pelanggan lain yang berpotensial tentang pengalaman dalam menerima jasa tersebut, sehingga informasi dari mulut ke mulut ini sangat besar pengaruhnya dan dampaknya terhadap pemasaran jasa dibandingkan dengan aktivitas komunikasi lainnya. Dari sekian banyak pelaku bisnis yang ada, banyak yang mengandalkan promosi dari mulut kemulut ini, salah satu contoh pernyataan-pernyataan pemilik usaha yang mengandalkan promosi dari mulut-kemulut adalah sebagai berikut:


"Saya belum pernah coba pasang iklan, kalau pasang iklan takut biayannya mahal dan alahamdulillah masih banyak orang yang datang kesini meskipun Cuma sekedar liat-liat tok. Hingga saat ini saya hanya mengandalkan informsai dari mulut ke mulut saja."

Demikian dikatakan Ibu Lukman, salah satu pemilik tempat kos di Kota Jogjakarta. Untuk menjalankan usahanya, Ibu Lukman hanya mengandalkan informasi dari mulut ke mulut.

Hal yang sama dikatakan pak Basuki, salah satu pemilik rumah makan di Jogjakarta. Bagi pak Basuki, informasi dari mulut ke mulut sangat ampuh untuk mempromosikan dagangannya. Keberhasilan ternyata bukan isapan jempol belaka saja, baik ibu Lukman maupun pak Basuki telah menikmati hasilnya. Dari informasi mulut ke mulut, tempat kos ataupun rumah makan itu selalu ramai didatangi pengunjung.

Promosi dari mulut-kemulut memang bisa diandalkan, untuk itu perlu diikuti dengan kualitas yang baik. Jangan sampai pelanggan yang datang kecewa karena apa yang mereka rasakan tidak sama dengan informasi yang diterima. Usahakan untuk membuat para konsumen puas sehingga mereka kembali membeli dan menceritakan kepada teman lainnya.

ciak...desing....jrootzzzz....

salam hormat dariku,
wong_anTeng

Comments

Baca Juga

PEMASARAN LANGSUNG (DIRECT MARKETING)

Tugas Account Executive/AE

Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

Mata Uang Termahal Di Dunia

MACAM-MACAM PROMOSI PENJUALAN