Peran dan Fungsi Periklanan

Lama sekali aku tak bikin postingan seputar dunia marketing, kini saatnya "Blognya Mbak Widha (BMW)" kembali mengulas dunia marketing dengan tema fungsi dan peran periklanan. BAGAIMANAKAH FUNGSI DAN PERAN PERIKLANAN ITU? Periklanan memiliki berbagai fungsi dan peran yang bisa dijadikan sebagai dukungan bagi perusahaan untuk menjual produk-produknya, fungsi dan peran itu diantarannya adalah sebagai berikut:

1. Sumber informasi
Periklanan dapat meberikan informasi kepada khalayak tentang kejelasan seluk beluk suatu produk mulai dari harga, keunggulan dan informasi lainya. Iklan bisa membatu konsumen untuk mengetahui kreteria produk barang/jasa yang ditawarkan, sehingga dengan informasi yang mereka peroleh bisa menjadi bahan pertimbangan bagi mereka untuk membuat keputusan pembelian. Biasanya iklan dilakukan secara besar-besaran pada awal peluncuran jenis produk untuk membentuk permintaan awal.

2. Membujuk dan Mempengarui
Aktivitas periklanan berfungsi untuk membujuk pembeli potensial untuk membentuk permintaan selektif merek tertentu. Untuk bisa membujuk dan mempengaruhi biasanya iklan dilakukan dengan melakukan perbandingan dengan merek atau produk lain. Informasi dalam iklan menunjukan bahwa merek atau produk yang kita tawarkan lebih unggul dibanding merek atau produk lain. Dengan informasi yang dikemas sedemikian rupa akan menimbulkan perasaan menyenangkan sehingga bisa mempengaruhi pikiran orang untuk melakukan tindakan pembelian.

3. Menciptakan image
Produk yang sudah memiliki image yang baik akan dengan mudah mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian, suatu image yang baik akan membuat konsumen berfikir singkat untuk memutuskan pembelian karena mereka sudah menaruh kepercayaan yang begitu besar.

4. Sebagai alat komunikasi
Periklanan merupkan alat komunikasi antara penjual dan pembeli. Dengan periklanan dapat diketahui puas atau tidaknya pihak-pihak yang bersangkutan, sehingga pihak produsen bisa lebih meningkatkan kepuasan para konsumenya diwaktu yang akan datang.

5. Kegiatan Ekonomi
Periklanan membuat para pelaku ekonomi tetap memproduksi dan memperdagangkan produk mereka. Dengan kegiatan periklanan itu berarti usaha masih berjalan untuk berkembang menjadi lebih besar dari pada sekarang.

6. Pembagi Beban Biaya
Periklanan membantu terciptanya skala ekonomi yang besar bagi setiap produk, sehingga menurunkan biaya produksi dan distribusi per unit atas produk tersebut, dan pada gilirannya memurahkan harga jualnya kepada masyarakat.

7. Sumber dana media
Periklanan telah menunjang harga eceran atau langganan media surat kabar. Dengan adanya aktivitas periklanan selain pihak produsen yang diuntungkan juga ada banyak pihak yang untung diantaranya adalah para usaha yang bergerak dibidang media jasa iklan.

8. Identitas Produsen
Melalui kegiatan periklanan, masyarakat akan mengetahui produsen. Sehingga masyarakat bisa lebih mengenal karakteristik khas yang dimiliki oleh produsen dan bisa memposisikan produsen dalam benak mereka.

9. Sarana Kontrol
Melalui kegiatan periklanan, masyarakat dapat membedakan produk-produk yang asli dan produk-produk tiruan. Dalam dunia iklan sering kali kita jumpai berbagai merek yang mirip, misalnya Aqua dengan Aquaria, teh sosro dengan teh sisri, dan lain-lainya. Dengan adanya aktivitas iklan masyarakat bisa memperoleh informasi mana yang asli dan mana yang tiruan karena dipasaran banyak sekali produk-produk yang mirip.

Periklanan merupakan komponen integral dari pemasaran sebagai salah satu metode komunikasi yang akan lebih efektif jika didukung dengan metode komunikasi lainya. melalui periklanan produk barang/jasa bisa dikenal khalayak sehingga bisa membentuk sikap dan opini masyarakat. Aktivitas periklanan begitu berfungsi dan berperan penting dalam kegiatan usaha, maka dari itu jangan lupakan periklanan untuk mengkomunikasikan usaha kita kepada khalayak. Sekiranya sekian cukup,jumpa lagi dilain postingan dan bila butuh promosi bisa melalui Jasa Review Murah di BMW, Promosinya Sederhana namun Jelas!


salam hormat dariku,

widhawati

G+

2 komentar:

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"