Hindari Pakai HP Sambil Ngecas


Hp sekarang semakin canggih dengan menawarkan banyak fitur tapi semakin banyak aplikasi yang dipakai maka batrenya cepet panas dan cepet habis pula. Gak kayak hp-hp biasa atau jadul yang biasa-biasa aja tapi bisa tahan berhari-hari. Nah karena sering habis batrei-nya otomatis sering ngecas dong, bahkan sadar atau tidak sadar orang kadang tetap menggunakan hp-nya meski dalam kondisi sedang dicas. Pada kasusnya menggunakan hp sambil ngecas itu beresiko loh, ada yang sampai meledak, tapi kebanyakan kasus yang diceritakan diberita-berita itu terjadi diluar negeri sih. Ada yang punya pengalaman buruk ketika memakai hp yang sedang dicas?

Aku pernah tapi udah lama, gak yang meledak-ledak gitu sih, terasa seperti tersengat listrik. Ceritanya aku pakai bb, untuk keperluan jualan sih, karena sering dipakai bbm-man otomatis batre cepet habis, tak jarang aku tetap pakai untuk bbm-man walau sedang dicas. Suatu ketika waktu menggunakan bb itu sambil ngecas, aku merasa seperti ada yang mengageti, aku lihat sekitar gak ada orang, baru kemudian sadar "oh aku kesetrum", karena kawatir langsung berhenti deh bbm-mannya. Setelah tragedi itu si bb dicas gak mau masuk, aku kira bb-nya yang rusak, setelah ke tukang serivice ternyata charge-nya yang rusak. Oke, beli charge baru, hingga suatu ketika waktu si bb dicas aku mendengar suara "kretek-kretek", setelah aku lihat ternyata batre-nya mengembung, hingga casing-nya gak mampu menahan. Padahal waktu itu gak sambil dipakai loh ya, karena aku-nya sudah semacam takut kesetrum lagi. Setelah itu, Oke, beli batre baru.
Pikirku sih itu batre soak karena mungkin terlalu sering dipakai, terlalu sering dicas gitu. Semenjak ganti batre, kalau lagi ngecas di non aktifin, kalo gak dicas pun misal gak penting-penting amat juga di setoff biar irit batre, hingga akhirnya si bb gak ada masalah sampek sekarang, meski per minggu ini gak dipakai lagi karena jualannya juga udah tutup, jadi paket bbm gak diperpanjang. Kok tutup, bangkrut? jangan dikatain bangkrut lah, cukup dibilang gak laku aja *eaaaaaa, Makelum newbie. Ah sudahlah, jangan bahas soal jualan, kembali fokus soal batre, yang intinya sih cuma mau bilang "hindari pakai hp sambil ngecas".

Karena waktu aku kesetrum dan batre-ku yang hamil itu gak sempet moto maka biar afdol aku cari foto resiko menggunakan hp sambil ngecas dari luar, sebut saja pak Apes (bukan nama sebenarnya, karena nama sebenarnya siapa aku juga gak tau)
bahaya-pakai-hp-yang-sedang-dicas
Konon ceritanya sedang charging hp, dan telepon berdering dan tanpa pikir panjang dia langsung mengangkatnya tanpa mencabut kabel charger. Hasilnya adalah, aliran listrik yang besar masuk ke dalam hpnya dan meledak. Pemilik hp ini langsung terbanting ke lantai dan jatuh pingsan.

Tips menggunakan hp agar terhindar dari hal-hal yang tidak terduga:
  1. Hindari menggunakan batre kw alias imitasi, dengan kata lain usahakan gunakan baterai hp yang dikeluarkan oleh perusahaan yang memproduksinya.
  2. Hindari ngecas terlalu lama. Ketika sudah penuh segera dicabut. (*ini buat yang sering lupa, ingat juga ya cabut charge dari colokan ketika tidak digunakan untuk ngecas)
  3. Jangan ngecas baterai di dekat bahan yang mudah terbakar, seperti kasur / ranjang, apalagi bensin. (*aduh ini aku sering melakukan)
  4. Hindari menelepon terlalu lama. Ketika hp panas berlebihan, diamkan dulu sampai dingin baru gunakan lagi. (*aku sih jarang telponan)
  5. Jangan mengangkat telepon ketika sedang dicas.
  6. Jika merasakan panas berlebih pada perangkat khususnya ketika sedang di-charge, segera lepaskan perangkat dari charger atau dari listrik.
  7. Hindarkan baterai dari paparan panas tinggi seperti dashboard mobil yang terpapar sinar matahari atau terkena paparan langsung sinar matahari.
Yah, kalau aku sih semenjak tutup jualannya, udah jarang pakai bb atau smartphone, pin bbm ngaktifin satu aja, itu pun bisa dibilang jarang dipakai. Sosial media seperti line, instagram, dll juga gak pernah dipakai, paling sesekali twitter dan lebih sering-nya di fb sih. Hp panas paling kalau pas dipakai internetan, karena kadang nyimak-nyimak berita itu pakek hp, kalo ngeblog tetep pakai perangkat yang lebih gede alias gak sanggup ngeblog via hp karena sering typo.


salam hormat,
dr pojokan

Comments