Benarkah Ciplukan Obat Segala Penyakit Sehingga Harganya Mahal?

Tau ciplukan? rasanya asam gimana gitu, kadang getir kayak tomat, orang menyebutnya sih buah dan sekarang ini harganya mahal banget. Padahal dulu loh ciplukan ini diabaikan karena macam rumput yang gak ada gunanya, tapi kini orang ramai membicarakan kasiat ciplukan entah buah atau pun daunnya.

Aku sempat posting foto ciplukan lalu aku share di facebook, Nah ngomongin soal ciplukan aku pernah beli benih tapi gak ada yang tumbuh, tapi di sawah liar malah justru ada. Seperti ciplukan yang aku foto ini dapetnya dari sawah secara gak sengaja. Ketika posting itu ada teman ngomen bahwa ciplukan itu harganya ratusan ribu, katanya juga obat segala macam penyakit. Benarkah Ciplukan Obat Segala Penyakit Sehingga Harganya Mahal?



Kalau soal harga aku percaya mahal karena pernah lihat yang share foto harga ciplukan. Kalau soal kasiatnya yang konon bisa jadi obat segala macam penyakit itu gimana? aku penasaran lalu baca-baca artikel seputar ciplukan. Dari berita-berita terdahulu memang sudah ada yang bahas tentang ciplukan yang konon mencegah kanker payudara. *Sekali lagi mencegah bukan obat utama!

Nah selain itu aku baca di Tirto dot id ada penjual ciplukan bilang dulu ayah temennya sakit parkinson yakni degenerasi otak yang bikin penderitanya gemeteran, konon sejak mengonsumsi ciplukan gemeterannya mereda. *Sekali lagi mereda bukan sembuh total! Terus si penjual itu juga bilang dulu ayahnya kolestrol, kakinya bengkak gede tapi setelah konsumsi ceplukan bengak kakinya kempes. *Sekali lagi kempes, bukan sembuh total loh ya.

Lalu diliputan 6 aku baca tentang daunnya yang konon buat pengobatan penyakit stroke, dalam artikel itu dokter menegaskan memang daun ciplukan berkasiat tapi bukan obat utama dan itu pun tergantung kondisi stroke-nya alias gak sembarangan ngasih gitu.

Jadi intinya ciplukan atau daunnya memang berkasiat sebagai pengobatan alternatif untuk mencegah atau meredakan tapi bukan obat utama yang 100% langsung bisa menyembuhkan, jadi meski berusaha pengobatan alternatif tapi tetep harus memperhatikan segi medis. Namun sebagian masyarakat nangkepnya sebagai obat segala penyakit, terlebih banyak sekali blog yang bikin judul-judul fenomenal dan viral disosmed.

Sebuah kiriman dibagikan oleh @widhawatitok pada


Kalau dari segi bisnis, sepertinya asyik nih kalau budidaya tanaman ciplukan karena hasilnya bisa dijual dengan harga ratusan ribu. Itu kalau belum naik, kalau misal ciplukan makin ngehit bisa jadi jutaan. Terkait kasiat ciplukan mungkin untuk lebih detail bisa baca-baca dari berbagai sumber, tapi carilah sumber yang sekiranya terpercaya bukan yang sembarang blog yang memang sengaja bikin judul fenomenal agar visitornya membludak. Disini aku hanya mengambil sedikit inti-inti dari detik, liputan6, tirto dll.

Salam hormat,
dr pojokan

Related Posts

Benarkah Ciplukan Obat Segala Penyakit Sehingga Harganya Mahal?
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"