Benarkah Kepik Emas Langka dan Harganya Mahal? Inilah Fakta Seputar Kepik!

Pernah lihat di sosmed ada yang share gambar kepik emas sebelahnya gambar 4 gepok uang ratusan ribu? Judulnya "Kepik Emas, Serangga Langka Buruan Waktu Bocah Kini Bisa Bikin Kaya" atau sejenisnya. Kalian percaya itu? Dengan gambar dan judul sedemikian rupa tentu orang akan tertarik share atau komen meski mungkin belum baca isi artikelnya. Apalagi ada kata bikin kaya! Orang kalau sudah ada embel-embel kekayaan pasti kepincut, lalu banyak yang berandai-andai nangkepin hewan itu satu kresek terus dijual. (*hahaha).

Benarkah Kepik Emas Langka dan Harganya Mahal?

Aku lihat sekilas artikel yang ngalor ngidul itu intinya bilang kalau di ebay konon satu ekor kepik emas dihargai 100rb (8$-9$). Kalau menurutku postingan itu hanya menjebak biar viral! Karena dibilang langka ya belum langka, disawah masih banyak loh kepik emas. Lagi pula itu dijualnya bukan di Indonesia tapi diluar negeri! Lalu mana buktinya satu ekor dihargai 8-9$? coba cari di ebay golden tortoise beetle (Charidotella sexpunctata) aku sih gak menemukan, adanya warna gak kelihatan emas banget dan harga 1-2$ itu dalam bentuk sudah diawetkan.



Kalo di ebay (situs jual beli luar negeri) itu yang banyak dijual bukan model kepik emas tapi yang ladybugs sebangsa kepik juga tapi warnanya ada yang merah atau orange dengan bintik-bintik hitam. Nah diebay itu ladybugs harga mulai dari 7$ hingga puluhan dollar tapi hewannya masih hidup dan dengan harga segitu jumlahnya ratusan hingga ribuan bukan hanya seekor.

Fakta Seputar Kepik

Ngomongin soal kepik nih, tarnyata kepik itu awalnya berupa ulat/larva ya, Aku baru tau itu Januari 2016. Ceritanya aku nanam pare dan didaunnya itu tadinya hanya satu dua kepik tapi kemudian hari banyak ulat kecil-kecil yang penuh duri. Beberapa hari kemudian kepiknya makin banyak, hingga akhirnya aku menemukan seekor kepik yang baru lahir kurang lebih alurnya seperti gambar dibawah ini:



Jadi prosesnya si kepik itu bertur lalu menetas jadi larva atau ulat kecil yang penuh duri, kemudian menjadi kepompong dan lahirlah kepik-kepik baru yang jumlahnya lebih banyak.



Mungkin ada yang baru tau, oh ternyata dari ulat lalu nyesel dulu pernah mainan dan merasa geli karena rupa-rupanya berasal dari ulat. Aku yakin dulu ada yang masa kecilnya suka mainan kepik entah model kepik emas atau kepik yang warna-warni ini, lucu sih tapi hewan ini sukanya e'ek tak sedap dan itu nyebelin karena asyik main malah die'ein. *hahaha...

Dulu aku pernah posting tentang Kepik dari ulat atau larva itu diblogku yang asalnyepret dan saat itu rupanya banyak juga yang baru tau bahwa kepik itu awalnya dari ulat. Kepik ini bisa dibilang hama gitu ya, karena aku perhatikan tanaman pare yang dihinggapi kepik ini lama-lama duannya kering bahkan tanamannya juga kering, buah parenya juga gak normal alias bantet gak bisa gede.

Udah gitu aja ya, intinya kepik emas masih banyak ditemukan disawah, terutama ditanaman "tlemok" (entah didaerah lain namanya apa). Dan lagi kepik itu memang laku tapi jual belinya diluar negeri bukan di Indonesia. Buat yang sudah ngimpi kaya dengan jualan kepik emas jangan kecewa, kalau mau beneran kaya ya mending kerja terus investasi emas beneran lalu ketik amin, *hahaha.

Kalau yang beneran mulai langka dan harganya mahal adalah Ciplukan seperti yang aku posting sebelumnya.

salam hormat,
dr pojokan

Related Posts

Benarkah Kepik Emas Langka dan Harganya Mahal? Inilah Fakta Seputar Kepik!
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"