26 February 2018

Ada Pesan Dari Dalam Jiwa Dibalik Mimpi Yang Sama Dan Berulang, Kamu Sering Ngimpiin Apa Hayo?

Tiba-tiba pengen ketak-ketik seputar mimpi, jujur saja aku penasaran dengan yang namanya mimpi karena sering kali mimpi ini itu disaat tidur. Dan menurutku mimpi itu aneh banget, kadang ada yang berasa sadar sehingga mimpi itu bisa terkontrol sesuai keinginan. Aku paling suka kalau ngimpi jenis ngimpi yang bisa terkontrol, berasa dialam harry potter gitu.

Contoh mimpi yang bisa dikontrol yang biasa aku alami misalnya ngimpi diserbu setan , tapi aku seolah sadar “ah ini hanya ngimpi” terus jadinya aku santai aja karena kalau setan itu sudah dekat entar akunya bisa ngilang mak clinggg…. Terus setannya bingung nyariin aku, rasain kamu setan..hahaha. Atau misal mimpi tersesat di jurang dan hendak terjatuh, tapi aku berasa sadar ini hanya mimpi jadi aku biasa aja, lagi-lagi berfikir entar tinggal ngilang aja mak clinggg….

Kalau misal gak enak badan gitu lain lagi, berasa mimpi yang baik-baik saja tapi orang bilang aku ngigo dikira mimpi buruk. Yang namanya mimpi itu memang bermacam-macam dan salah satu jenis mimpi yang membuat aku penasaran disini adalah jenis mimpi yang berulang atau recurrent dreams.



Aku kadang memimpikan hal yang sama, sebut saja mimpi anu gitu, dimana mimpi anu ini berulang dilain waktu, gak hanya sekali atau dua kali tapi berkali-kali, aku pikir ini sebuah pertanda tapi aku gak tau apa maksudnya. Itulah mengapa aku tertarik baca ini itu seputar mimpi yang berulang atau recurrent dreams. Dan inti yang aku dapati setelah membaca ini itu, adalah:

Mimpi yang sama dan berulang itu merupakan sebuah pesan dari dalam jiwa. Dengan kata lain mimpi yang berulang itu cerminan adanya masalah dalam hidup seseorang. Misalnya ada hal-hal yang membuat stres, konflik atau emosi yang terpendam, atau masalah lainnya. (haduh ketauan deh punya masalah…haha tapi ini bener banget, sesuai yang aku rasakan).

Pada dasarnya mimpi itu bagaikan cerminan alam bawah sadar karena mungkin ada keinginan atau pikiran yang tidak bisa diekspresikan dalam kondisi sadar. Konon mimpi-mimpi yang paling sering dialami orang pada umumnya adalah:

  1. Gigi rontok
  2. Dikejar-kejar orang
  3. Ujian atau tidak siap maju ujian
  4. Tenggelam
  5. Telanjang
  6. Sakit atau meninggal
  7. Ketinggalan pesawat atau kapal
  8. Kerusakan mesin
  9. Mobil mogok
  10. Tersesat atau terkurung di suatu tempat.

Dan mimpi anu yang aku alami itu termasuk salah satu daftar diatas. Jika kembali lagi ke tafsir bahwa mimpi itu adalah cerminan alam bawah sadar maka secara logika wajar jika sebagian orang mengalami mimpi yang serupa, karena sebagian orang juga pasti punya kegelisahan yang sama misal memikirkan masa depan, merasa tidak percaya diri, menyalahkan diri sendiri, menyimpan rahasia takut terbongkar, dan masalah-masalah kehidupan yang lain yang biasa dipikirkan.

Aku yakin sebagian orang juga pernah ada yang ngalamin salah satu atau bahkan lebih dari satu dari contoh mimpi-mimpi diatas itu. Mungkin mimpi terlambat sekolah padahal lagi ujian, mimpi di dalam kelas tapi hanya pakai pakaian dalam (atau bahkan tanpa busana) dan lain sebagainya.

Masalah mimpi memang bisa ditafsirkan macem-macem baik positif maupun negatif bahkan sebagian ada yang mengaitkan dengan hal-hal mistis ala-ala primbon gitu lah. Tapi kalau aku, sekali lagi ini aku loh ya….! Aku lebih percaya bahwa mimpi khususnya mimpi yang berulang ini bisa jadi bahan renungan atau sebagai pertanda pesan dari dalam diri yang bisa dipakai untuk memahami diri sendiri. Misal ada mimpi yang ternyata disebabkan karena merasa gelisah dan menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang terjadi, itu berarti harus memperbaiki diri agar tidak lagi menyalahkan diri sendiri. Udah gitu aja…


salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Ada Pesan Dari Dalam Jiwa Dibalik Mimpi Yang Sama Dan Berulang, Kamu Sering Ngimpiin Apa Hayo?
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!