Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

Pernahkah anda tidur kemudian bangun merasakan gatal, bentol-bentol gede udah gitu berasa cenat-cenut gimana gitu dibentolan itu. Bisa jadi itu karena digigit oleh kissing bugs atau Triatoma yakni serangga penghisap darah yang biasanya menyerang manusia disaat terlelap tidur. Aku sendiri gak cuma sekali dua kali jadi mangsa serangga penghisap darah ini, sudah berkali-kali aku mengalaminya ditempat-tempat yang berbeda.

Pertama kali, dulu waktu masih kos di Semarang, dimana dulu aku gak tau, aku kira alergi, terus dikasih obat alergi kakak kos hingga berangsur-angsur rasa gatal yang disertai bentol-bentol besar dan keras itu menghilang. Suatu ketika aku lihat seekor serangga, aku cuma menduga apa karena digigit dia? terus aku pukul serangga itu dan banyak darahnya. Tapi sejauh itu masih sebatas dugaan sih, aku belum ada bukti apakah serangga itu yang menyebabkan aku gatal-gatal tak terkira.

Setelah sekilan lama, ketika dirumah (*Klaten), saat tidur terbangun mataku yang sebelah susah dimelekin dan ternyata bentol gede rasanya sama persis waktu di Semarang itu. Dan ternyata siang harinya aku melihat serangga yang serupa saat di Semarang itu didekat tv, entah mengapa rasanya seperti dendam, jadi ya udah langsung plakkkkkk, matilah dia.

Tanggal 26 Agustus 2013 *di Jogja, aku tidur dengan seperangkat online masih menyala, kemudian bangun niatan mau matiin gitu. Tapi kok, lengan serasa gatal, otomatis garuk-garuk, aku pikir efek gigitan nyamuk karena lagi musim nyamuk gitu. Rasanya kok lama-lama senut-senut gimana gitu, begitu lihat bentolan merah, wah ini. Gak lama kemudian aku lihat serangga yang sama. Gak salah lagi nih, aku pura-pura diam, dalam hati "Ya Tuhan ijinkan aku membunuhnya", ambil pentungan, plakkk...., matilah dia.

Endingnya gak jadi matiin seperangkat alat online tapi malah googling, karena aku gak tau hewan apa itu, aku ketik saja di google pic "hewan penghisap darah manusia" gitu, muncullah banyak gambar dimana salah satunya adalah hewan yang suka menghantui aku itu, setelah aku baca-baca ya itu ternyata namanya kissing bugs atau triatoma. Jika di Amerika sono ternyata hewan itu termasuk serangga berbahaya karena bisa membuat korbannya meninggal dunia atau bisa berefek setelah 20th nantinya. Pokoknya informasi yang ada ngeri gitu, karena diulasnya berdasarkan kejadian diluar negeri sono.

Yang bikin heran dari serangga penghisap darah ini, apakah dia mempunyai kreteria tertentu untuk dijadikan mangsa, karena dulu kosan di Semarang sering kok dijadikan pangkalan nongkrong teman-teman dimana mereka kadang ada yang nginep tapi mereka gak digigit, kok aku yang digigit? Terus dirumah (*Klaten) penguhuninya kan gak cuma aku, tapi kok hanya aku yang punya pengalaman digigit, yang lain tidak. Lalu di Jogja pun aku juga harus mengalaminya lagi? Seolah dimanapun aku berada mereka selalu menguntid dan menjadikan aku sebagai mangsanya.

Atau mungkin efek gatal dan bentol cenat-cenut itu hanya bereaksi pada orang-orang tertentu aja, kayak alergi itu kan biasanya sama-sama makan udang pun bisa jadi yang satu gatal yang satu tidak, karena yang satu alergi udang gitu. Entahlah tapi karena bukan sekali atau dua kali, setidaknya aku sudah ada cara biar gatal dan bentol itu tidak merata yaitu dengan tidak menggaruk rasa gatal itu, sebisa mungkin ditahan aja, ya emang rasanya gimana gitu tapi hasilnya dari gigitan yang terakhir aku rasakan itu bentolan tidak menyebar, hanya bekas samar-samar 2 bentolan yang agak merah karena gak nyadar terlajur digaruk-garuk. Pengalaman-pengalaman sebelumnya karena tidak tahu begitu gatal digaruk sehingga bentolan itu justru merambat kemana-mana. Sekali lagi tip-nya "bila digigit jangan digaruk".

Terus yang bikin penasaran itu adalah Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya? kalau diblog-blog sih banyak juga yang memposting pengalaman mereka digigit serangga kissing bugs ini dengan efek gatal dan bentol mungkin sama seperti yang aku rasakan. Aku tidak menemukan informasi apakah serangga ini tuh berbahaya atau tidak kalau di Indonesia gitu. Buat yang punya informasi bagi dong, karena informasi yang ada diinternet itu pembahasaanya versi yang berbahaya karena berdasarkan kasus diluar negeri bukan di Indonesia. Atau yang pinter-pinter, bikin penelitian tentang serangga kissing bugs di Indonesia ini dong.

NB: Gak nyangka ternyata banyak teman-teman yang punya pengalaman digigit. Postingan diatas aku buat 27 Agustus 2013. Dan sejak posting tulisan diatas aku lama tak berjumpa dengan si Kissing Bug, jumpa lagi itu sekitar bulan April 2016. Dan sempat aku foto seperti dibawah ini.




salam hormat dariku,
widha utawi idha

G+

41 komentar:

  1. serangga ini kalo didaerahku namanya "tinggi" sob...
    biasanya suka menempati tempat tidur sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelihatannya bukan tinggi. Kalau ada pic nya tinggi coba diupload

      Delete
  2. ini beda sama tinggi, ini lebih besar.

    ReplyDelete
  3. itu memang berbahaya sob,..
    aku pernah liat salah satu acara di National Goegrapic Channel(NatGeoWild)dan dibahas itu hewan triatoma, sebenarnya yang berbahaya adalah kotorannya, pada saat dia menghisap darah korban pada saat yang bersamaan pula dia mengeluarkan kotoran/feses.
    Kotoran ini lah yang sebenarnya berbahaya karena mengandung bakteri,dan kebanyakan orang tidak tahu, setelah digigit terasa gatal lalu mereka menggarukknya bersamaan dengan kotoran yang menempel pada kulit sehingga menyebar,.. nah bakteri yang terdapat pada kotoran itupun masuk melalui lubang/celah bekas gigitan serangga tersebut dan masuk ke dalam aliran darah yang dapat menyebabkan keracunan darah,...
    nah asalkan sobat tidak menggarukknya atau kebetulan si triatoma gk BAB nih,.. ya kemungkinan tidak berbahaya,..sebaiknya setelah digigit cuci segera bekas gigitan tsbt dengan sabun,...
    Maaf kalo panjang lebar, semoga bermanfaat,...

    ReplyDelete
  4. selamat ulang tahun mbak widha,,maaf tellat satu hari Opini dan Faktaku

    ReplyDelete
  5. Kalau di tempatku (Kauman Yogyakarta) namanya "onjo-onjo"
    Dan aku sudag lebih dari sekali merasakan. Jadu bengkak gedhe. SOlusinya, minum obat penawar racun, seperti Dextamin, Cetirizine dll...
    Sering2 membersihkan tempat tidur, langit2 kamar, dan semprot dengan anti serangga. Insya Alloh aman. Wassalaam

    ReplyDelete
  6. wah ni kasus nya SAMA PERSIS kayak yang saya alami pertaanya kok cuma kita yang sering di gigit ak ada koleksi serangga nya udah ada tiga yang tak simpen buat kenang-kenangan,,kalo bisa jangan langsung di bunuh di siksa aja misal di tetesin lilin ato kalo g di bakar kakinya biar kejet-kejet dulu menurutku itu impas sama apa yang kita rasakan...

    ReplyDelete
  7. aku barusan di gigit gatalnya minta ampun tolong !! :(

    ReplyDelete
  8. halo mbak widha..aku udah tiga kali di gigit nih serangga...bentolnya pedes banget...trus napas sampe sesak..and janyung deg-degan....biasanya serangga ini suka tempat yg lembab dan banyak debunya....tapi kalo yg di rumah warnanya lebih gelap mbak...cukup aku aja dah yg di sengat .jangan sampe orang lain di rumah.....amit amit dah kalo sampe digigit lagi

    ReplyDelete
  9. Saya 4x di"cium" serangga ini.. Pas nulis ini tepat ciuman ke 5. Kaki bengkak gak bisa buat berjalan..asli muangkel poll sama serangga ini..ketemu tak untal pakai pisang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bre kaki saya juga bengkak tapi bisa jalan sih

      Delete
  10. Saya baru saja mukul pake sapu sob.. darahnya banyak bgt...takra apa setelah brosing ternyata hewan ini yang menjamahku...

    ReplyDelete
  11. Saya baru saja mukul pake sapu sob.. darahnya banyak bgt...takra apa setelah brosing ternyata hewan ini yang menjamahku...

    ReplyDelete
  12. Aku pernah liat binatang ky gt tp aku diemin.
    Terus skrg badan pada gatel merah. Nyebar kemana2. Apa itu ulah si serangga ?

    ReplyDelete
  13. aku juga digigit mbak kemarin malam sekitar jam 3 pagi...wajah q bengkak dan badan q bentol2 lalu pengobatanya cuma dengan obat minyak tawon yg langsung q oleskan ke wajah q yg bengkak di sekitar pipi q sampai hidung q tersa cenut2 baru paginya bisa dapat minum ctm,sebab q muntah2 juga nah sehabis munta2 gatel2nya berkurang n bentol2nya hilang...lalu apakah q perlu ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut...karena sampai sekarang udah baikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih harus itu mbak, bener efeknya hilang tapi nanti tahunan balik lagi

      Delete
  14. ikazulaikah50@yahoo.comFebruary 28, 2015 at 9:43 AM

    serangga ini yg ternyata mengigit q kamis malam kemarin sekitar jam 3 pagi...pengobatannya cuma aku olesi minyak tawon di wajah q yg bengkak kayak tenyom,badan q juga gatel2 dan bentol2

    ReplyDelete
  15. Aku udah keitung berapa kali digigit makhluk ini. Kemeren pagi udah di"cium" lagi sama ini makhluk. Tips buat temen2 yg kena ciuman mautnya, langsng aja minum susu atau air asem biar racunnya ngga menjalar ke semua badan. Kalo bekasnya sih memang tetep bengkak sampe beberapa hari, pokoknya tahan jangan sampe digaruk biar ngga tambah parah.

    ReplyDelete
  16. Itu mbk yang jd pertanyaan. Apakah serangga ini mmbutuhkan kriteria mangsanya. Kenapa hanya saya yg diserang. Dan berkali kali.

    ReplyDelete
  17. Waspada di musim hujan biasanya banyak bgt serangga ini... aku juga korbannya... nih kakiku lagi bengkak gara² di cium sama si kissing bug ini...

    ReplyDelete
  18. Barusan aja kena serangga ini, kayanya ini serangga milih2 mangsanya deh dalam satu keluarga cuma gua doang yg kena

    ReplyDelete
  19. Kayanya emang nih serangga milih2 mangsanya deh, dalam keluarga cuma gua yg kena

    ReplyDelete
  20. obat gatalnya apa ya ? 2 minggu ini digigit 3x geledah kamar kemaren"gak keliatan,baru pagi ini ketemu nih serangga...,balas dendam gua setrummm

    ReplyDelete
  21. mba saya juga akhir2 ini digigit serangga jenis itu 2 kali gatal bgt..saya olesi minyak tawon lumayan sembuh gatalnya yg saya tanyakan apakah setiap gigitan serangga ini selalu dapat menginfeksi mangsa nya :'(

    ReplyDelete
  22. Sama sob saya juga digigit ni serangga, tiga hari bengkak gatel gatel sampai2 mau tisur aja susah..
    Dan hari ini hewan ini resmi mati ditangan saya..agak geli waktu ngeliatnya..
    Nice info sob..
    Kunjungan baliknya ya.. Masih sama tentang serangga ini juga..
    ynwadany.blogspot.co.id/2016/03/gatal-mungkin-gara-gara-serangga-ini.html?m=1

    ReplyDelete
  23. Istri saya, hari jumat 11 Maret 2016, digigit ini serangga, gak sengaja digaruk dan bentolnya menyebar, gak lama sesak nafas, mual, pandangan gelap, mau pingsan, dan diminumin susu bear brand dan air kelapa hijau, agak netral, tapi badan malah menggigil, akhirmya dibawa ke UGD, dikasih obat antibalergi

    ReplyDelete
  24. Najis banget hewan wabah ini, terkutuklah kau assasin bug..!

    ReplyDelete
  25. q juga baru aj di cium tuh seranggah..
    tangan ku bengkak... meyebar kmn2... rasany gatal panas ... rasanya lemas dan kebas tangan ku

    ReplyDelete
  26. jd apa obatnya...?? please..

    ReplyDelete
  27. Aku juga baru saja kena gigitannya. Kularikanlah ke puskesmas. Akhirnya tetep aja gatal dan demam. Terus aku mandi aja pakai air anget. Syukurlah udah mulai berkurang gatalnya..

    ReplyDelete
  28. Aku juga tadi malam dini hari jam 03.00 kena gigit hewan tersebut. sehingga merasa gatal dan panas diseluruh tubuh. terutama bagian tangan&telapak kaki. Namun alhamdulillah setelah seluruh tubuh diolesi Minyak Zaitun rasa gatal dan panas hilang.... Semoga info ini bermanfaat bagi teman2 yg kena.

    ReplyDelete
  29. Aku juga tadi malam dini hari jam 03.00 kena gigit hewan tersebut. sehingga merasa gatal dan panas diseluruh tubuh. terutama bagian tangan&telapak kaki.

    Namun alhamdulillah setelah seluruh tubuh diolesi Minyak Zaitun rasa gatal dan panas hilang.... Semoga info ini bermanfaat bagi teman2 yg kena.

    ReplyDelete
  30. Dulu sering nih gw kena.
    Sekitar 7thnan lbh yg lalu.

    Tapi gtw pnybabnya apa, ke dokter malah dokternya bilang biduran truz cuma dikasih bedak gatal n vitamin kulit truz jangan makan seafood dulu(WTF, dokter krg pengalaman nih).
    Padahal ud gw bilang kyknya bkan Biduran krna ga pernah pnya riwayat alergi baik dr diri sndiri atw keluarga. Dan biduran itu ga seperti itu wlw tampak mirip (Jadi gw yg sotoy dah dbanding dokternya).

    Dan bener aja ga mempan dr dokter.

    Awalnya bentol seperti digigit nyamuk, namun panas di area bentol tsb.
    Di gw seh gak sampai ada keluhan pusing, mual dsb. Cuma bentol panas aja & gatal lebih dr gatalnya digigit nyamuk.
    Lalu digaruk akan semakin melebar dan seperti lebam merah .
    Beberapa hr kemudian dlantai liat ada satu binatang itu, seperti kutu besar, dan tny k ortu pun ga ngerti itu apa. Cuma d anggap serangga biasa saja.
    Namun setelah sembuh lalu beberapa bln berlalu muncul lagi, tdk prnah k dokter, n selalu menemukan binatang itu.

    Hmm feeling sh mgkn karena binatang ini tp masih ga tau juga binatang apa itu.

    Nah , gak enaknya di kulit setelah bentol reda itu yg ga enak, lukanya berbekas seperti lebam yg gak ilang2, lama.
    Kulit jd belang bentong ky sapiputih totol corak coklat. Sebel.

    Tapi sekarang sudah gak, krna sudah lama juga.

    ReplyDelete
  31. Awalnya ketemu serangga ini kemarin mlm..karena blm tau kissing bug berbahaya dan merasa kasian kl dibunuh, hasilnya cmn saya buang keluar rumah..ternyata bangun pagi punggung gatal gatal dan bentol merah dan an bagian lengan ada benjol keras dan memerah..saya kira krn nyamuk..ternyata ketika bangun eh tu kissing bug msh nempel di badan. Ternyata serangga yg saya buang semalem..sudah aja tak modar in..skrg punggung msh bnyk bentol, yg plg parah d lengan yg makin bengkak panas.

    ReplyDelete
  32. aku baru kena gigit nih gan, baca" di artikel di googel ngeri gitu
    takutnya kena virus cagas :(

    ReplyDelete
  33. kampret banget ini hewan,tadi lagi bersihin sampah di tempat tidur langsung gigit jari'ku,kayak kecoak ya kalau mau di bunuh,badannya balikin aja,lama2 mati.tadi langsung tak siramin minyak kayu putih,punya 2 balita soalnya

    ReplyDelete
  34. Ane pernah 3 kali kegigit. Aealnya ane pikir gigitan nyamuk..ane garuk2 tambah asik. Eh bentolnya malah tambah gede. Ane adar ini gigitan hewan jelek itu. Eh tapi semua udah terlambat.. semua badan ane gatel dan bentol2. Iya ane alergi sama gigitan monster ini

    ReplyDelete
  35. Haloo mbak.... mungkin pengalaman yg terjadi di luar negeri itu teejadi sm saya langsung... saya sudah berkali2 di gigit dan 3x opname krn di gigit serangga penghisap darah itu... yg pertama justru paling parah krn menyerang aliran darah saya bahkan saluran pernapasan dan pencernaan... rasanya kepalanya mau pecah krn alergi gigitan serangga jenis itu... dalam waktu kurang dr 15 menit racunnya menyebar dan saya smp muntah ga berhenti diare dan sesak napas... akhirnya saya lgsg di bawa ke UGD... smp di UGD pada syok krn kondisiku sudah lebam semua dan tekanan darah saya sangat rendah 60/30 klo ga salah... dan kuku saya sudah mulai pucat membiru... itu beneran terjadi sama saya... baru setelah kejadian2 berikutnya saya kena lagi saya bru nemuin serangganya walaupun saya nggak tau itu serangga jenis apa... saya cari tau aja alergi macam apa saya ini... dan ternyata benar klo alergi krn gigitan serangga penghisap.darah itu mengakibatkan anafilaksis... klo ga salah namanya itu... dan Dokter yg menangani saya jg bilang klo telat penangannan bs merenggut nyawa saya... walaupun banyak orang yg heran tp itu nyata saya alergi gigitan serangga penghisap darah... dan benar saja kalu serangga itu menyerang saat mlm hari... semoga bisa membantu klo ada lg yg tersengat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh ngeri juga ya...
      aku sampai sekarang juga masih was-was kalo ada hewan itu
      Semoga selalu sehat mb

      Delete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"