13 February 2018

Menerima dan Menghargai Diri Sendiri Agar Tidak Menjadi Pribadi Yang Pengeluh

Ketak-ketik kali ini mungkin gak jauh beda dengan postingan sebelumnya tentang Berdamai Dengan Diri Sendiri. Kalau yang sebelumnya kaitannya dengan amarah pada orang lain kalau yang ini kaitannya dengan diri sendiri agar tidak menjadi pengeluh. Pada dasarnya setiap orang punya bakat mengeluh, mungkin merasa dirinya gak sempurna, penuh kekurangan, gak bisa apa-apa, gak punya kelebihan dan sekitarnya.



Kalau gak bisa mengendalikan diri bisa jadi marah pada diri sendiri, menyalahkan diri sendiri dan bahkan mungkin benci pada diri sendiri lalu mengeluh ini itu dengan ngenesnya yang intinya ya itu tadi merasa dirinya penuh kekurangan nan tidak seperti orang lain yang dipandang jauh lebih sempurna.

Apalagi kalau orangnya tipe introvert macam aku, dikeluarga sendiri saja dipandang aneh. Dulu sih waktu masih belum bisa berdamai dengan diri sendiri seringnya merasa ngenes, seolah sendirian gak ada yang pengertian, jengkel, diam-diam marah kenapa dapat jatah karakter introvert kayak gini sih? Kenapa gak kayak orang pada umumnya aja? dan pikiran-pikiran negatif lainnya selalu menghantui. Kalau sekarang? Sekarang udah gak gitu lagi, memang masih dipandang aneh hanya saja aku santai menanggapinya.

Dan justru rasanya beruntung karena bawaan introvert dengan kebiasaan diam, mengdengarkan, mengamati dan sekitarnya itu bisa banyak belajar memetik mana yang baik untuk ditiru dan mana yang gak perlu ditiru. Misalnya lihat teman yang di sosmed statusnya isinya mengeluh mulu, diam-diam aku hanya menyimak dan seolah membisikan pada diri sendiri jangan sampai ikut-ikutan mengeluh sedemikian rupa. Misalnya lagi, merasa gak enak diginiin ya jangan sampai giniin oranglain gitu.

Kalau misal berkaitan dengan ngeblog, kadang aku menyebut diriku sebagai “newbie terus dan gak pernah naik pangkat” itu dalam artian sekedar ungkapan hahahihi yang tidak bermaksud merendahkan diri sendiri tapi lebih ke sugesti bahwa aku harus tetep selalu belajar ini itu karena memang masih harus banyak belajar gitu loh.

Aku yakin sih bahwa setiap orang memang sudah dikaruniai dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing, jadi gak perlu lagi merasa paling ngenes sejagat. Ya pokoknya jangan sampai hanya fokus meratapi kekurangan diri sendiri dan ngiri pada kelebihan orang lain. Cari tau dan fokus saja pada kelebihan diri sendiri, selebihnya syukuri apa yang kita punya.

Intinya adalah dengan menerima atau bersyukur nantinya akan lebih mudah menghargai diri sendiri. Dan kalau berfikiran positif maka apapun yang terjadi akan bisa memetik hikmah yang positif pula. Udah gitu aja…


salam hormat,
dr pojokan

Related Posts

Menerima dan Menghargai Diri Sendiri Agar Tidak Menjadi Pribadi Yang Pengeluh
4/ 5
Oleh

3 komentar

February 16, 2018 at 11:07 PM delete

Karena menghargai diri sendiri bisa juga menjadi sebuah motivasi diri sendiri loh. Jadi biar bisa terus pede dalam berkarya :D

Reply
avatar
February 17, 2018 at 6:16 AM delete

iya seperti misal semangat "aku bisa" entar bisa beneran :)

Reply
avatar
Anonymous
April 3, 2018 at 7:14 PM delete

pas banget sama apa yang tak rasain mba hahahihi

Reply
avatar

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"