18 September 2018

Manfaat Google Search Console Dan Cara Mudah Menggunakannya Untuk Blogger

Ketak-ketik dari pojokan kali ini ingin bahas tentang google search console untuk blogger. Bahas beginian bukan berarti aku ahli loh ya. Aku statusnya juga masih butuh banyak belajar ini itu, terkait google search console ini beberapa waktu yang lalu ada yang tanya "mbak kalau google search console itu untuk apa?". Dari pertanyaan itu akhirnya muncul ide buat diketak-ketik aja karena siapa tau bermanfaat dan sekaligus buat pengingat untuk diri sendiri.

Google search console untuk apa? ini tool macam google analistyc yang bisa dimanfaatkan untuk analisis atau instrospeksi blog. Aku justru lebih banyak buka search console ketimbang google analistik. Dengan google search console ini bisa tau keyword apa yang masuk dan berapa jumlah kliknya, kalau misal blog untuk jualan ya bisa tau mana keyword yang harus lebih dioptimasi lagi. Kalau ada url yang eror juga bisa tau, bisa untuk ngecek berapa jumlah backlink, jumlah indek dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Google Search Console


Mungkin masih ada yang bertanya-tanya gimana langkah pertama untuk menggunakan google search console? langkahnya mudah tingal daftar atau login pakai akun gmal di:

https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in

Langkah selanjutnya adalah masukan alamat url blog kita di menu "Tambahkan Properti"


Masukan url blog pada kolom yang tersedia:


Lalu pilih cara untuk verifikasi google search console. Ada banyak cara, pilih mana yang paling mudah. Kalau aku biasanya pakai tag, saat diklik tag itu akan muncul kode html lalu tinggal dimasukin aja ke blog. 

Kalau pakai blogspot masukin kodenya ke meta tag biasanya dibawah kode head pada html blog, kalau wordpress biasanya tinggal masukin ke kolom yang sudah tersedia.


  • Ini contoh kalau pakai blogspot:



  • Ini contoh kalau pakai wordpress:



Jika kode sudah dimasukan ke blog ya tinggal klik verifikasi. Tunggu beberapa hari proses penelusuran. Jika sudah nanti di dasbor akan muncul blog yang sudah diverifikasi dan jika diklik bisa dilihat detailnya sehingga kita bisa analisis gimana kondisi blog kita, contohnya:


Aku memang memasukan beberapa alamat baik pakai http dan https atau pakai www atau tanpa www.

Jika sudah beberapa waktu berjalan maka kita bisa melihat penampakan dasbor, misal ini adalah penampakan dasbor blog ketak-ketik:


Sekilas bisa dilihat tuh berapa jumlah klik yang masuk dan kesalahan url. Itu kok kesalahan url banyak banget? blog ini banyak dosa ya? entahlah itu url dari mana, kadang memang ada url yang terdeteksi google padahal url itu gak ada disini, jadi biasanya aku hapus aja url-url yang antah berantah itu.

Untuk lebih detail bisa dilihat rangkaian menunya disebelah kiri, teman-teman bisa pelajari sendiri.


Misal Halaman Seluler Yang Dipercepat itu istilahnya AMP dan google memang sepertinya lebih suka situs-situs atau blog yang punya tampilan AMP. Untuk blogspot aku sudah coba utak-atik supaya bisa AMP tapi sayang gagal mulu. Kalau pakai wordpress self hosting tinggal pasang plugin aja, kalau wordpress gratisan juga sudah ada setingan otomatisnya. Menurutku untuk AMP ini penting ya, jadi buat yang pakai wordpress buruan aktifin aja, caranya gimana? simak dipostingan Cara Ngaktifin AMP Pada Wordpress Gratisan dan Wordpress Self Hosting. Yang pakai blogspot kalau ada yang bisa ya buruan aktifin dan kasih tau aku gimana caranya ya.

Menu lainnya misal Telusuri Analystic itu untuk mengetaui keyword apa atau kata-kata apa aja yang yang masuk ke ke keblog dan berapa jumlah kliknya disetiap keyword. Kalau Tautan ke Situs Anda itu adalah jumlah backlink yang menuju ke blog kita. Dan menu lainnya silakan dilihat sendiri.

Nah kalau ada kesalahan url dan ingin menghapusnya bisa klik yang Hapus URL. Dan jika ingin postingan cepat terindek bisa masukin url postingannya ke Fetch As Google.

Itu aja ya gambaran singkat menggunakan google search console. Kalau menurutku, ini menurutku loh ya (alias hanya pendapat pribadi)....!!! Google search console ini penting untuk blogger karena ya itu tadi bisa untuk bahan analisis atau introspeksi blog agar bisa lebih berkembang lagi terutama jika blognya ada kaitannya dengan monetize. Karena dengan tool ini kita bisa tau kesalahan dan tau mana yang harus diperbaiki.

Kalau aku sebenarnya gak begitu mikirin blog ini, karena ini adalah blog untuk refreshing atau untuk berbagi apa saja sehingga keyword dan sebangsanya gak begitu aku perhatikan. Tapi meski demikian  blog ini tetap aku masukin ke google search console untuk ngecek kalo-kalo ada url yang rusak macam itu. Terus bisa buat liat-liat ternyata blog gado-gado ngasal macam ini ada juga yang ngeklik terus jadinya makin semangat lagi ngeblognya biar-pun idenya ngasal. 

Kalau dimasukin google search console terus kita lihat ternyata blog nampak sepi klik atau yang ke indek dikit gimana? apa gak malah bikin syok dan males? syok boleh tapi males jangan, justru harusnya semangat gimana caranya biar jadi ramai atau gimana caranya biar yang keindek banyak gitu kan? ya kan? ya dong!!!

Ya gitu aja sih, selengkapnya bisa dipelajari sendiri. Terimakasih buat yang sudah menyimak, semoga bermanfaat dan jangan lupa buat yang udah tau gimana cara bikin blogspot jadi AMP ajarin aku ya karena aku pusing ngutak-atiknya. Oh iya kalau seputar Yoash Seo bisa disimak dipostingan Cara Mudah Menggunakan Plugin Yoash SEO Pada Wordpress Self  Hosting.


salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Manfaat Google Search Console Dan Cara Mudah Menggunakannya Untuk Blogger
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!